Dua Kali Film Diputar Vredeburg di Jum’at Kedua Bulan Dua 2018

Jum’at (9/2/2018) bukan lagi menjadi hari pendek bagi Aparatur Sipil Negara, meski diawali dengan berolah raga senam dipagi hari, tidak menjadikan bahwa hari itu sebagai hari persiapan berakhir pekan. Jum’at kedua di bulan kedua tahun 2018 ini seolah menjadi hari yang sangat panjang bagi pengelola Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Terbukti ada rentetan beberapa aktivitas dikerjakan pengelola museum, diantaranya pemutaran film di hari Jum’at, survey patung pendukung evokatif pameran peringatan Serangan Umum 1 Maret 1949, dan pemutaran film dengan menggunakan mobil bioskop keliling.

Dari serangkaian kegiatan tersebut memang dilaksanakan oleh beberapa tim berbeda dan tak jarang satu orang bisa masuk dalam dua tim yang berbeda. Sehingga kreatifitas dan manajemen waktu serta stamina menjadi hal penting bagi pengelola museum.

Pemutaran film di ruang audio visual lantai II gedung F Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dilaksanakan secara rutin setiap hari Jum’at pukul 13.30WIB. Pemutaran film ini bertujuan untuk sosialisasi dan pemeliharaan dokumen koleksi film milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

Adapun jadwal pemutaran film ini telah di unggah di beberapa akun media sosial milik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta, diantarannya melalui akun facebook : museum benteng vredeburg yogyakarta ;instagram: @museumbentengvredeburg; laman kebudayaan: www.kebudayaan.kemdikbud.go.id/mbvy; laman vredeburg: www.vredeburg.id; twitter: b_vredeburg.

Hampir memenuhi ruang audio visual dalam menikmati film dengan judul “Air dan Api” yang merupakan sekuel Si Jago Merah. Meskipun penonton datang silih berganti dikarenakan waktu kunjungnya terbatas, tetapi kegiatan ini mendapat respon yang sangat bagus oleh masyarakat.

Pemutaran keduanya dihari yang sama pada jam dan waktu berbeda dilakukan pengelola museum. Di Desa Panjangrejo Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul, sekitar 175 orang padati area pemutaran film menggunakan mobil bioskop keliling hibah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemutaran film berlangsung dari pukul 19.30-23.00WIB mampu menarik perhatian masyarakat sekitar.

Leave a Comment